Daftar Pantai Gunung Kidul Yang Masih Sepi dan Belum Terjamah

Pantai Gunungkidul Yang Belum Terjamah

Pantai Gunung Kidul Yang Masih Sepi - Apa sih yang bikin Pantai di Gunungkidul ini istimewa ?
Pantai selatan pulau jawa terutama di daerah Gunung Kidul memang dianugerahi pantai-pantai dan juga goa cantik yang memikat sepanjang garis pantai gunung kidul 110 km. Bahkan beberapa pantai yang menawanpun masih tergolong perawan. Selain belum banyak pelancong yang datang pantai-pantai ini juga belum tersentuh resort-resort dan restoran-restoran mewah hanya tampak deretan rumah makan sederhana yang menjual olahan masakan laut. Terik sinar matahari, semilir angin dan hamparan pasir putih bak permadani seolah menjadi daya tarik bagi wisatawan Untuk menikmati sejumlah pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Tapi di sini tak selamanya tentang pasir putih karena di Gunung Kidul justru terkenal pantainya memiliki berisan tebing-tebing curam di sepanjang bibir pantai yang tentunya menambah eksotisme parasnya.

Kalau membahas soal kunjungan wisata tentu banyak pantai di Kabupaten yang terkenal dengan sayur lombok ijonya ini tentu yang sudah populer bakal mendapatkan kunjungan wisatawan yang luar biasa padat namun berbeda halnya dengan pantai-pantai yang kurang populer karena akan mengalami jumlah kunjungan yang sangat minim. Bahkan jika anda mendatanginya maka seolah-olah anda adalah pemilik pantai ini. Tentunya juga sangat cocok bila anda ke sini bersama pasangan kekasih yang tercinta atau istri tersayang. Tidak akan ada yang mengganggu kebersamaan anda. Jika ada yang mengganggu pun mungkin itu cuma seekor kepiting atau lobster.

Pantai Gunung Kidul Yang Masih Sepi Namun Alami

pantai gunungkidul yang masih sepi

Banyak pantai di Kabupaten yang terkenal dengan perbukitan karst nya ini memiliki nama-nama pantai yang sudah sangat populer di kalangan backpacker, anak muda maupun wisatawan dalam dan luar negeri namun bernarkah pantai-pantai lain yang tidak setenar pantai yang menjadi ikon kota jogja ini kalah keren dibanding dengan yang sudah tenar ? Jawabnya tidak, justru pantai yang masih sepi menyimpan keindahannya sendiri yang kerap memukaukan mata namun kebelum populerannya bisa disebabkan akses jalan yang belum bagus serta publikasi yang belum maksimal atau bahkan mungkin belum dipublikasikan. Beberapa pantai yang kami sajikan ini masih tergolong sepi namun memiliki keindahan yang memanjakan mata. Pantai apa sajakah itu ? Yuk kita simak liputan kami berikut ini.

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok

Kota pelajar ini memang selalu menyuguhkan destinasi wisata yang oke punya. Salah satunya ada pantai Jungwok yang ada di pesisir Gunung Kidul. Namanya unik seolah agak korea gitu Jung Yong Hwa atau Jung Kwok. Tapi tentunya itu cuma kebetulan saja dan emang ga ad hubungannya ya sahabat traveler. Pantai ini terletak di sebelah timur Wediombo dan sebelah pantai ngusalan serta pantai Greweng. Secara administratif masuk ke desa Jepitu. Jungwok sebagai pantai bisa dibilang begitu seksi dengan pemandangan yang sangat mempesona. Selain menikmati debur ombak di pantai Jungwok ini kamu juga bisa mencoba melakukan snorkeling di pantai yang tergolong masih perawan ini. Kamu bisa melihat biota di dalam air pantai. Sekilas memandang susunan karang akan kamu lihat jelas karena memang airnya jernih.Untuk yang mau ke sini kamu bisa lihat google maps klik nya tuh di sini.


Pantai Butuh

Pantai Butuh

Selama ini Gunung Kidul dikenal sebagai kondisi alam yang panas namun ternyata di sini juga menyimpan wisata yang mengagumkan salah satunya adalah Pantai Butuh di Krambil sawit, Saptosari di mana banyak terdapat bebatuan karst yang bisa dijadikan spot selfie bagi wisatawan yang hadir. Indahnya bebatuan karst dengan ukuran 1 hingga 4 meter menjadi incaran para penggila selfie ketika datang ke pantai ini. Pantai Butuh di Gunungkidul ini kini mulai dilirik wisatawan.
Untuk jalan menuju pantai ini kamu ga perlu khawatir karena sudah diaspal mulus jalannya sehingga bisa nyaman kamu nglewatinya.
Buat yang hobi renang ga usah takut kalau mau berenang di sini karena lokasinya yang diapit oleh dua bukit mengakibatkan gelombang menjadi rendah, sehingga tak jarang sejumlah wisatawan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk main air. Bahkan kamu bisa melihat biota laut dini karena airnya yang sangat jernih. Selain itu para wisatawan yang ke sini akan dimanjakan suasana khas pedesaan yang sejuk dan dipadu padankan dengan hijaunya pepohonan di kawasan pantai butuh. Selain itu pantai yang tergolong masih perawan ting ting ini juga bersih tidak ada sampah. Untuk ke sini kamu cukup bayar parkir 3000 rupiah saja untuk bisa berkunjung ke pantai butuh.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Pantai ini terletak antara pantai indrayanti dan pantai siung. Selain pasir putih ikonik pantai yang satu ini adalah pohon duras pohon ini mirip dengan bonsai yang unik yang cocok buat foto-foto.
Sebelum dipotong tinggi pohon ini mencapai 5 meter. Pemotongan pohon memang sangat disayangkan memang namun pihak pengelola memiliki alasan khusus kenapa memotong pohon ini. Pohon duras ini terpaksa dipotong karena di bagian atas terkena serangan ulat dan juga hama sehingga kalau dibiarkan bisa menyebabkan pohon ini mati dan lebih baik memotong bagian atasnya sehingga kelak dapat kembali seperti semula seiring berjalannya waktu. Namun tidak perlu kecewa mendatangi pantai ini karena view yang disuguhkan pantai ini tidak kalah indahnya dibandingkan dengan pantai-pantai yang lain.
Dibandingkan dengan pantai-pantai lain di jogjakarta pantai pok tunggal ini bisa dibilang masih asri dan juga masih sepi karena letaknya yang tertutup perbukitan sehingga cocok buat wisatawan yang mencari ketenangan. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar sehingga bermain air di pantai ini relatif aman. Airnya yang jernih membuat pemandangan di dasar laut terlihat jelas kecantikannya.Tak lengkap rasanya menikmati pemandangan di pantai ini tanpa menaiki ketinggian menapaki jembatan bambu menuju ke atas tebing setinggi kurang lebih 50 meter. Dari atas anda tak hanya dapat melihat keindahan pantai pok tunggal saja namun anda juga bisa mengintip keindahan pantai lain di sekitar pok tunggal ini dari atas. Suara debur ombak dan sejuknya angin menambah lengkapnya wisata di pantai pok tunggal ini.

Pantai Ngandong

Pantai Ngandong

Pantai ini menjadi salah satu yang diminati pengunjung meski tidak memiliki garis pantai yang terlalu panjang namun di sini pengunjung dapat berwisata bahari yaitu bermain snorkeling. Sehingga pengunjung dapat mengenal lebih dekat lagi keanekaragaman hayati biota bawah laut yang ada di pantai ini seperti terumbu karang dan ikan-ikan kecil. Melakukan snorkeling di sini anda tidak perlu melakukannya di laut lepas namun cukup di bibir pantainya saja. Waktu yang paling bagus melakukan snorkeling ini adalah ketika air laut sedang surut yakni pada pagi hari, siang hari dan juga sore hari menjelang sunset karena di saat itulah aktivitas air laut tenang dan tidak keruh karena ombak. Sehingga buat anda warga jogja dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk menikmati aktivitas snorkeling ini karena di pantai ini anda bisa menadapatkannya.

Pantai Nglolang


Pantai Nglolang

Kabupaten ini memang menyimpan gugusan pantai yang berbatasan dengan jawa tengah dan juga Bantul. Ada puluhan nama yang salah satunya adalah Pantai ini. Hanya membutuhkan waktu perjalanan 1,5 jam dari pusat jogja. Layaknya sebagai surga tropis tersembunyi pantai nglolang sepi dan tenang meskipun libur tiba pantai diapit dua bukit dengan keindahan alam yang cantik. Di sini bisa dibilang belum terjamah tangan manusia karena masih jarang pengunjungnya. Puas menikmati sajian pemandangan atas lautnya kamu bisa menyelami dasar laut ini dengan berenang dan menikmati pandangan ikan-ikan laut kecil yang sedang berenang di pantai ini. Pantai ini kecil namun cantik ibarat artis ya kayak chelsea islan lah. Sayangnya di pantai ini pengunjung tidak dipungut biaya untuk menikmati pantai nglolang. Harusnya bisa dimanfaatkan untuk menambah pemasukan daerah. Namun kalau kamu mau apa-apa di pantai ini misal mau snorkeling kamu bawa sendiri alat dari rumah. Karena masih minim fasilitas di sini.

Pantai Kesirat di Gunung Kidul Sepi dan Tenang


Pantai Kesirat

Panti Kesirat yang ada di Gunung Kidul bernuansa hiasan pantai karang serta sisi tebing di pinggir pantai.
Berbeda dengan pantai pada umumnya di Kabupaten ini di mana memiliki  pasir putih nan menawan, kamu engga bakal melihatnya pada karakteristik ini di Pantai Kesirat.
Tapi engga berarti eksotisme pantai ini bisa begitu saja ditandingi.
Merasakan sunset di waktu matahari hampir tenggelam diiringi khas suara ombak yang memukul batu karang dapat mendatangkan suasana menyegarkan.
Berada disebelah ujung tebing ada sebuah pohon yang bernama ketapang  yang dalam bahasa latinnya Terminalia catappa) yang miring ke arah laut di mana itu merupakan suatu pohon khas Pantai Kesirat.
Jika anda sudah pernah menyambanginya Pantai Wohkud , Pantai Karangtelu, Grigak Barat, Pantai Karangtelu, objek wisata yang satu ini memang dekat dari tempat ini.
Pantai Kesirat secara administratif masuk  Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tebing yang berjejer jadi ornamen pantai yang berkolaborasi indah bersama gulungan ombak dan air yang menunjukkan warna hijau segar dibarengi gulungan ombak, sungguh menjadikan Pantai Kesirat kian menawan. Sedangkan menjelang malam tiba, kamu dapat membangun tenda lalu memancing sembari pemandangan indah di pantai ini. Oiya, buat kamu yang sedang mencari pantai yang bagus untuk camping atau kemah di Gunung Kidul maka kesirat adalah salah satu pilihan tepat.

Pantai wohkudu Gunung Kidul Cantik Namun Sepi

Pantai Wohkudu

Jika dari pantai gesing maka wohkudu berada di sebelah baratnya. Meski pada umumnya jika musim libur tiba namun di pantai ini belum banyak pengunjungnya alias sepi pengunjung. Jika anda menginginkan berkunjung ke pantai ini bisa melewati jalan wonosari namun jika ingin lewat imogiri pun juga bisa tergantung anda berangkat dari mana.
Jalur menuju pantai ini telah dicor blok meskipun masih terdapat jalan dengan cor blok yang sedikit kurang baik akan tetapi jalan itu tetap bisa dilewati motor dan juga mobil. Biaya parkir yang dikenakanpun terbilang cukup murah kalau belum naik untuk kendaraan beroda empat tiga ribu sedangkan motor hanya dua ribu saja. Namun anda tidak bisa langsung mencapai pantai karena maksimal kendaraan anda Cuma bisa sampai di parkiran saja. Setelahnya anda diwajibkan berjalan kaki kira-kira ya selama dua belas hingga tujuh belas menit.
Berbeda dengan pantai baron atau inderayanti pantai ini tergolong masih sepi. Namun justru kesepian inilah yang menjadi daya tarik di pantai ini karena jarangnya didatangi pengunjung maka kealamiannya sangat-sangat terjaga. Perbedaan yang cukup mencolok di pantai ini adalah dengan adanya padang rumput yang menghampar di sekitaran pantai yang tidak selalu ditemukan di pantai lain. Apalagi jika anda datangnya di musim penghujan padang rumput serta tetumbuhanpun menunjukan keasrian yang maksimal. Selain keindahan bukit karang yang menjadi pembatas kedua sisi pantai ini. Tentunya jika berbicara soal pasir putih sebagai sebuah kelebihan pantai inipun juga memiliki eksotisme itu.

Pantai Timang

Pantai Timang Gondola

Di pantai ini kamu yang memiliki anugerah nyali cadangan bisa menikmati bermain gandola. Apa sih itu gandola ? Yaitu menyeberangi laut dengan tali menuju pulau panjang yang ada di laut dengan kereta gantung tradisional khas pantai timang. Namun selain dari itu semua akan terbayar ketika anda menggunakan gondola ini anda bisa melihat keindahan laut dari atas. Meskipun terlihat ngeri karena terbuat dari kayu namun aman kog. Anda harus menarik tali agar gondola bergerak namun tenang saja karena kalau anda merasa berat tidak mampu menariknya sudah ada petugas yang jaga yang akan membantu menarik tali-tali gondola.
Semua upaya dan kengerian kamu saat menyeberang akan terbayar setelah sampai di pulau panjang. Karena sesampainya di pulau ini sudah ada yang menunggu kamu sedari tadi. Siapakah mereka ? Mereka adalah para lobster. Di pulau panjang ini terdapat banyak sekali lobster yang bisa kamu tangkap. Di sini para penangkap lobster biasanya sudah memasang perangkap lobster yang dipasang di himpitan karang bagian bawah. Namun biasanya nelayan tak hanya memasang satu perangkap namun banyak perangkap di berbagai titik di pulau ini. Karena karang di pulau ini cukup tajam kamu perlu berhati-hati ketika menginjakkan kaki di sini.

Pantai Ngeden

Pantai Ngeden

Setelah lelah berkutat dengan pekerjaan cobalah bertamasya ke Pantai Ngeden Yogyakarta. Inilah salah satu pantai yang terletak di laut selatan yang menawarkan keindahan yang berbeda. Di sini anda akan mendapatkan sensasi pantai seolah milik pribadi karena masih jarang wisatawan yang berkunjung. Pantai Ngeden yang terletak di saptosari ini memiliki panorama alam yang masih asri. Namun untuk mencapai pantai ini anda harus berjalan kaki kira-kira lima belas menit ya itung-itung olah raga. Namun jangan kuatir selain bagus pemandangannya tentunya di sini punya spot yang bagus-bagus buat foto-foto sehingga kamu ga bakal nyesel kalau ke sini dan hasil fotonya tentunya engga pasaran. Jadi kalau ke sini jangan sampai ketinggalan kameranya. Di dekatnya pun ada pantai lain yang kudu dijelajahi seperti pantai jugala dan juga ngelimun. Kedua pantai itu bisa dilewati dengan jalan setapak yang telah tersedia. Selain dikenal sebagai wisata pantai yang berbeda ngeden juga sebagai lokasi primadona memancing dan juga mencari rumput laut menjelang sore hari banyak nelayan yang datang ke pantai ini. Melihat daya tarik pantai ini tak heran masa mendatang jika dikelola dengan maksimal pantai ini bisa menjadi primadona wisata baru di Gunung Kidul.

Terima kasih banyak atas kunjungan para juragan ke web saya ini yang sederhana tadi. Itulah beberapa butir informasi tenang pantai gunung kidul sepi namun ini bisa menjadi referensi bagi teman-teman yang menghendaki berkunjung ke sini karena di balik sebuah ketenaran selalu ada mutiara yang terpendam. Dan memungutnya adalah sesuatu yang sangat istimewa karena tidak semua orang beruntung mendapatkannya. Bagi yang mau melakukan perjalanan saya sarankan jangan lupa melengkapi semua perbekalan yang diperlukan.

0 Response to "Daftar Pantai Gunung Kidul Yang Masih Sepi dan Belum Terjamah"

Posting Komentar

Hadiah buat 3 orang yang beruntung di sini bagi yang memberikan komentar menarik, positif dan juga berkualitas.