Air Terjun Jurug Gedhe Destinasi Baru Liburan di Jogja


Air Terjun Jurug Gedhe

Air Terjun Jurug Gedhe - Nama air terjun ini diambil dari bahasa jawa yaitu jurug yang memiliki penafsiran waterfall atau air terjun sedangkan gedhe artinya besar. Jadi kalau diartikan dalam bahasa Inggris jadi the big waterfall,hehe...Lokasi air terjun ini terletak di sekitar 22 km dari kota jogjakarta bisa ditempuk sekitar 45 menit menggunakan kendaraan. Air terjun Jurug Gedhe ini terdapat di Dusun Gembyong, Desa Ngoro-Oro, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Desa ini terkenal dengan desa seribu tower. Berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Bantul Dusun Gembyong memiliki daerah yang cukup luas dengan topografi perbukitan berbatu. Dusun ini juga memiliki sawah yang membentang luas dan cukup subur yang berasal dari tadah hujan. Meskipun cadangan air bagi penduduknya mencukupi namun untuk pertanian masyarakat masih mengandalkan hujan untuk pengairan lahannya. Kesuburannya sawah dan tumbuhan di sini menunjukkan betapa indah alam Indonesia. Tak salah memang jika dikatakan Indonesia adalah tanah surga untuk menggambarkan betapa keindahan alam yang sangat beragam terdapat di dalamnya.


Tetumbuhan hijau di musim hujan menambah pesona alam dusun gembyong. Sungai yang memisahkan Sleman dan Gunungkidul ini memang memiliki pesona tersendiri. Sedangkan meski pada musim kemarau air yang mengalir pada sungai ini boleh dibilang cukup minim namun jika musim penghujan tiba air yang mengalir cukup deras sehingga muncul air terjun bertingkat di sepanjang aliran sungai. Jurug Gede terletak di ketinggian 600 meter di ketinggian 600 meter di atas permukaan air laut. Sedangkan untuk ketinggian air terjun ini mencapai 25 meter. Air terjun jurug gedhe menjadi nilai lebih bagi kehidupan warga sekitar. Meskipun jaman dulu untuk menuju ke lokasi ini sangat sulit namun dalam perkembangan jaman masyarakat saat ini dapat dengan mudah menuju Dusun Gembyong ini.

Di sungai ini terdapat dua aliran sungai yang bertemu dalam satu sungai atau msyarakat sekitar sering menyebutnya dengan tempuran. 

Wisatawan yang datang ke sini sudah bukan lagi hanya berasal dari jogja saja namun juga wisatawan asing yang jauh-jauh datang dari luar negri untuk menyambangi air terjun yang cantik nan eksotis ini.

Selain itu air terjun ini tak hanya menyuguhkan view air yang mengalir saja namun juga menyediakan rappelling yang berbeda. Yaitu rappeling tapi dengan menuruni air terjun jurug gedhe. Tentunya saat menuruninya anda akan disiram air dari atas oleh si air terjun ini sehingga bisa melahirkan ekspresi yang mengagetkan namun segar. Selain rappelling kamu juga bisa sama temen-temen kamu melakukan outbond di sini biar tambah seru.

Untuk soal foto-foto kamu bisa dapetin foto cantik di sini dengan background air terjun, sungai atau batu-batuan kali. Itu aja ? Engga dong, kamu juga bisa berfoto di atas jembatan gantung yang sangat tinggi berwarna kuning kemudian lihatlah pemandangan dari atas sana viewnya terlihat sangat jelas dan foto kamupun bisa semakin variatif.

Air terjun ini menambah deretan panjang dari daftar air terjun gunung kidul yang jumlahnya sangat banyak.

0 Response to "Air Terjun Jurug Gedhe Destinasi Baru Liburan di Jogja"

Posting Komentar

Hadiah buat 3 orang yang beruntung di sini bagi yang memberikan komentar menarik, positif dan juga berkualitas.