Goa Pindul dan Daftar Gua Di Gunung Kidul Yang Cantik Eksotis

 

   1. Goa Pindul

Goa Pindul

Pada saat libur sangat dipadati pengunjung kalau hari biasa tak lebih dari seribu orang sedangkan kalau pas hari libur bisa mencapai 10000 orang. Sehingga kadang harus mengantri selama ber jam-jam agar bisa masuk ke dalamnya. Kapasitas goa yang terbatas membuat pengunjung harus rela dibagi demi keamanan Keunikan dan kondisi goa yang masih alami membuat pengunjung dari berbagai daerah penasaan untuk melihatnya. Selain itu kondisi ini juga memacu adrenalin karena kondisi dalam goa yang gelap dan harus menyusuri air yang ada di dalamnya.
Untuk mendapatkan sensasinya pengumnjung harus membayar Rp 35.000,- per orang. Sudah termasuk sewa alat yang disediakan lengkap.
Wisata Goa Pindul ini terletak di Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekitar 49 km dari pusat kota jogjakarta. Kalau pake mobil ya cuma sekitar 1,5 jam menempuh perjalanan.
di goa ini terdapat aliran sungai bawah tanah.
Peraturan dan Larangan
Ada peraturan-peraturan yang harus diikuti jika kamu pergi ke goa pindul. yang akan dijelaskan oleh instruktur dan beberapa perturan itu diantaranya dilarang melepas pelampung dan juga kalau mau turun ban harus seijin instruktur. Lalu dilarang marusak di dalam goa misalnya mau kepentok batu maka batu tersebut didorong saja namun jangan mendorong di ujung batu stalaktitnya karena nanti dapat merusak keindahan goa.
Setelah masuk ke dalam goa anda akan melihat anak tangga yang menuju arah bangunan namun bangunan itu namun bangunan itu bukan buatan penduduk sekitar namun untuk penangkaran burung sriti. Dan setelag itu anda akan melihat batu yang bagus yang oleh penduduk sekitar dinamakan batu kolong kembar. Lalu ada juga batu tirai namun sudah tidak aktif karena sudah tidak meneteskan air. Di dalam goa anda juga dapat menyaksikan adanya binatang yaitu kelelawar yang lucu.
Setelah itu anda akan melewati zona kedua yaitu zona remang yang lebih gelap dengan panjang 30 meter. Di sana ada juga batu kristal yang sangat bagus yang kalau kena cahaya dia akan berwarna gemerlap.
Ada juga di dalamnya yang dikatakan sebagai batu perkasa yang katanya kalau memegang batu ini maka akan bertambah perkasa namun itu hanyalah mitos saja dan anggaplah itu sebagai keseruan saja. Ada juga di langit-langit gua batu yang indah dan terus meneteskan air yang mitosnya bagi seorang wanita yang terkena tetesan air ini akan bertambah cantik setelah keluar. Namun itu juga cuma mitos dan anggaplah sebagai hiburan saja. Karena kalau mau cantik ya harus ke salon ya sis.hehe...
Setelah itu anda akan memasuki zona yang dinamakan zona gelap abadi dan di sana terdapat batu yang keren banget.Dan selain emang bentuknya bagus batu ini juga bisa mendengungkan suara seperti suara gong kalau anda pukul. Di dalam ini juga terdapat kelelawar namun bedanya kelelawar ini pemakan nyamuk dan binatang kecil atau orang jawa sering menyebutnya lowo. Lowo ini berbeda dengan codot kalau codot makan buah kalau lowo makan serangga. Setelah itu anda akan disambut dengan batu tirai yang besar, batu ini dinamakan demikian karena memang berbentuk seperti tirai sehingga menambah keeksotisan gua ini.Dan juga di spot ini ada batu kristal yang ada di gua pindul dengan panjang tak kurang dari dua meter sedangkan untuk ketebalannya setebal 5 cm. Untukmempermudah anda yang ingin berwisata ke gunung kidul silahkan lihat paket wisata gunung kidul murah.


2. Goa Baru Dekat Goa Pindul

Terdapat Istana Kristal Nan Elok Ditemukan Warrga.
Goa Baru Dekat Goa Pindul
Pada tahun 861 leluhur desa gelaran ini sudah mendapat surat satu lembar dari Kerajaan Demak yang isinya cuma satu huruf go ( adalah satu huruf dalam aksara jawa ) kalau bisa menemukan go ini insya Allah desa gelaran ini makmur. Dan ternyata hal itu goa baru, goa pindul dan goa goa di sekitar sini ramai didatangi wisatawan hari ini. Bahkan pengunjung kerap kali membludak. 

Rencana pembukaan goa baru ini awalnya tidak sengaja di mana pemilik tanah ingin membuka lahan untuk parkir setelah 10 persen hampir selesai pembongkaran lahan parkir tersebut yang tadinya dalah bukit cadas atau bukit kapur ternyata ditemukan lobang yang menghembuskan udara yang sangat kencang yang setelah ditelusuri ternyata dalamnya dalah goa yang sangat elok di dalamnya.Jadi semenjak ditemukan benar-benar natural tanpa sedikitpun mengalami perubahan terutama coral cave pun ada yang membuktikan bahwa benar-benar goa ini pernah ada namun pintunya tertutup dan terendam. 

Dinding-dindingnya seolah kering namun sebenarnya kalau kita pegang akan terasa basah. Dan salah satu keunikannya semenjak goa dibuka ternyata dinding-dindingnya tidak didapati adanya lumut. Kemudian lorong-lorongnya pun demikian dan sudah terbentuk sesuai kehendak Yang Maha Kuasa. Anda juga setelah menempuh perjalanan ke dalamnya anda akan menemukan istana kristalnya. 

Dan sebelum memasuki istana kristal ini anda akan disambut oleh stalakmit yang sangat indah. Yang terbesar di gua ini dan konon dari ahli batu satu milinya membutuhkan 20 hingga 30 tahun untuk masa pertumbuhannya sehingga silahkan dihitung sendiri untuk ukuran yang sebesar itu. hehe barulah setelah itu anda akan memasuki istana kristal. Disebut demikian karena banyak dinding dan bebatuannya telah mengkristal. 

Di sini dahulu pernah terendam air dan menjadi sungai purba.sehingga membuat tanah ataupun endapan di sini menjadi seolah terkuburatau larut sehingga ketika ditemukannya goa ini air tersebut hilang sesaat dan dari penelitian para ahli ternyata di ruangan ini terdapat sungai arthesis. Dan di dalam sini ada hilektit yang sudah sangat langka yang biasanya ditemukan di Indonesia bagian timur namun pengunjung dapat menemukan nya di sini.dan salah satu goa yang mungkin di jogja ditemukan hilektit ini. Hilektit ini memiliki kejernihan bak bunga-bunga es. 

Di dalamnya kamu bisa juga lihat stalaktit yang sudah mengkristal. dan terdapat pula stalaktit yang sangat bening nan tembus cahaya. Meski seolah tidak tembus namun jika anda menempelkan nya dengan senter maka akan anda ketahui kalau itu tembus cahaya. Beranjak dari istana kristal anda akan menuju taman-taman hilektitnya namun sebelum masuk ke sana ternyata batuan di bawah pun ada banyak yang mengkristal dan sudah tembus bawahnya menghampar di bawahnya. Kenapa tempat ini dinamakan tam hilektit soalnya langit-langitnya sebanyak 90 persen ditumbuhi holektit. Terjadinya hilektit di sini terjadi karena pernah tertutup dan tidak adanya udara sehingga membentuk hilektit ini. Eloknya lantai goa ini bertebaran stalakmit-stalakmit yang telah mengkristal dan sangat banyak. Dan yang sungguh memukau ada juga stalaktit gold creamer yang sangat langka yang mana juga seperti yang terdapat di China dan juga Jepang. Di sini anda juga akan menemukan gordyn mikro yang terbentuk sangat cantik  mirip dengan kain gordyn. 

Namun masuknya tidak bisa sampai mentok banget dan kamu musti berbalik karen di daerah yang belum boleh dimasuki itu karena penelitu masih belum menyelesaikan penelitiannya masih digunakan sebagai bahan kajian dan penelitian sesungguhnya apa saja yang terdapat di dalamnya karena keelokan gua ini.



3. Goa Rancang Kencana


Goa Rancang Kencana
Goa ini mulai dibuka untuk pariwisata dibuka mulai sejak tahun 2009 bersamaan dengan sri gethuk dan diberi nama desa wisata bleberan. Nama ini diartikan sebagai tempat untuk merancang gagasan yang mulia. Hal ini tentu tidak terlepas dari sejarahnya terkait dengan perjuangan mencapai kemerdekaan.Terletak di desa menggoran II desa bleberan kecamatan playen. Pintu masuk ke sini terletak di bawah permukaan tanah sehingga untuk memasuki goa ini harus menuruni anak tangga yang berada di depan mulut goa. Suasana pohon besar nan rindang yang berada di depan jalan masuk telah menjadi ciri khas goa ini. Selain itu goa yang telah berusia lebih dari dua abad ini dihiasi dengan batuan-batuan yang indah. Di gua ini terdapat 3 ruangan. Yang pertama ruangan aula yang lebar ukuran kira-kira 20x20 kemudian ruangan kedua ruangan persembahan atau persiapan yang yang ketiga adalah ruangan semedi. Di ruangan aula ini pejuang jaman dahulu menjadikannya berdiskusi menyusun strategi melawan penjajah sejak tahun 1820. dan ruangan kedua jaman dahulu untuk meletakkan sesuatu yang berhubungan dengan semedi. Sehingga melanjutkan semedinya ke ruangan ketiga. Tentara laskar mataram ini dahulu mencari inspirasi melalui semedi di dalam ruangan ketiga ini.
Nah untuk memasuki ruangan ketika pengunjung diharuskan memasuki ruangan kecil di dalam goa. jadi harus hati-hati. Di dalam ruangan terdapat prasasti yang bernama setia bhinekaku yang ditulis oleh tentara mataram. Makna prasasti tersebut adalah kesetiaan laskar mataram Nusantara.

4. Gua Senen Gunung Kidul
Jogjakarta merupakan salah satu destinasi utama di Indonesia. Nah sekarang saya mau nambahi referensi wisata buat kamu jadi jangan tahu wisata jogja tuh hanya Malioboro dan juga parangtritis. Kali ini saya akan mengajak kamu ke Gunungkiduk menikmati wisata petualangan alam yang tentu menguji adrenalin. Ke mana sih emangnya ? Kita akan menuju ke goa senen.
Terletak di desa Purwodadi Kecamatan Tepus Gua ini diresmikan menjadi objek wisata pada tanggal 30 April 2014 jadi masih tergolong fresh dan baru. Di sini kamu akan diajak masuk ke dalam lorong gua. Masuk melalui jendela gua kamu harus masuk menggunakan tali pengaman menggunakan single rope technique menuruni goa sedalam tujuh meter.
Buat kamu yang pengen ngrasain ngeliat keindahan  isi perut bumi melewati gua kamu bisa dateng ke sini. Setelah kamu masuk ke dalamnya kamu akan melihat batu-batu dengan bentuk yang unik, ada flow stone yaitu batu yang terbentuk dari aliran air dan juga ada deep stone yang bedanya kalau flow stone karena aliran air nah kalo deep stone tuh terbentuk karena tetesan air.
Di dalam sini juga ada Lorong Fosil di mana bekas sungai bawah tanah yang sudah sejak dahulu kala namun sekarang sungai itu sudah tidak ada.
Kamu jangan mau ketinggalan untuk mengunjungi goa ini soalnya wisatawan asing pun sudah mengunjungi goa ini mereka biasanya mengirimkan email terlebih dahulu kepada pengurus sebelum dateng.
Nah kalau pulangnya kamu naik lagi dengan tali dari mulut gua yang kamu gunain masuk tadi. Soalnya kalau ga naik di situ takutnya entar kamu jadi pertapa, hehe....

5. Goa Cokro

Goa Cokro
Kalau anda mau adventure-an di Gunungkidul anda jangan cuma eksplore pantai-pantainya saja namun anda sebaiknya eksplore juga sampai ke bawah tanahnya.
Goa Cokro ini perpaduan antara goa vertikal dan goa horizontal. Vertikalnya kurang lebih 16 Meter sedangkan Horizontalnya sepanjang 200 meter. Satu-satu nya jalan menuju gua ini anda harus memasuki lubang gua menuju ke bawah. Menuruni gua ini akan memacu adrenalin anda karena untuk memasukinya anda menggunakan satu tali namun akan ditarik rame-rame dari luar.
Nah yang unik dan menjadi favorit saat kamu memasuki goa cokro ini adalah cahaya yang masuk dari bibir lubang atas gua yang menyorot ke bawah. Cahaya ini biasa disebut ray of light. Jadi buat anda yang menyukai foto-foto ini adalah salah satu destinasi yang tepat yang musti anda kunjungi. Ketika anda mencoba menelusuri goa ini anda akan mendapati 3 ruangan yaitu ruangan sedang, tinggi dan juga rendah.
Ruangan yang pertama adalah ruangan tinggi yang biasa dimasuki sinar matahari. Setelah melewatinya anda akan menemui ruang sedang di mana stalakmit dan stalaktit di ruangan ini keren banget bentuknya ada yang berbentuk kristal dan ada pula yang seperti tetesan mengeluarkan air. Semakin dalem anda memasukinya goanya akan semakin sempit.
Kalau bisa jangan memegang stalakmit dan stalaktitnya karena akan merusak gua. Semakin masuk ke dalam anda akan disuguhi ruangan gua yang berbentuk semakin indah.

6. Goa Jomblang

Goa Jomblang
Bagi yang belum familier dengan goa. Goa adalah lorong yang terbentuk secara alami dan dapat ditelusuri. Goa Jomblang yang terdapat di Pacarejo kecamatan Semanu gunung kidul ini menjadi buruan terutama malah wisatawan asing karena proses penelusuran yang terbilang ekstrem plus ada sesuatu yang jos banget di dalam sana. Bibir goa jomblang ini memiliki diameter 50 meter sedangkan kedalamannya mencapai 60 meter. Proses turun ke sini menggunakan tali yang aman namun masih manual. Hal pertama yang akan kamu temui saat menginjakkan kaki di depan goa jomblang ini adalah hutan di depan mulut gua. Pohon-pohon ini tadinya tumbuh di atas bumi tapi entah kenapa tanah dan pohon-pohon di atasnya ambles dan mendarat di goa jomblang dan ajaibnya pohon-pohon masih hidup secara alami. sehingga menambah kecantikan goa jomblang. Goa ini adalah perpaduan antara goa vertikal dan goa horizontal. Setelah wisatawan turun secara vertikal sesampainya ke bawah lalu anda akan dibawa masuk gua secara horizontal. Goa jomblang memiliki lorong sepanjang 300 meter. yang merupakan penghubung antara goa jomblang dan juga goa grubuk. Perjalanannya juga tidak terlalu sulit karena sudah disediakan jalan setapak tapi tetap harus aware ya. karena jalan yang dilalui agak licin. Di dalamnya juga ada sungai. Ada cahaya yang menyinari lorong yang bagus banget sehingga menambah daya tarik di dalam goa ini. Tak mengherankan memang jika cahaya indah ini kemudian banyak yang menyebutnya sebagai light of heaven atau cahaya surga. Nah kalau kamu mau ke sini buat nyari cahaya ini kamu sebaiknya dateng antara jam 10 siang hingga jam 12 siang. Karena pada waktu itu matahari tepat berada di atas dan memantulkan cahaya yang maksimal. Nah di dalam sana ada aliran sungai yang katanya aliran itu terhubung dengan kali suci. Itu lho sob tempat cave tubing yang sangat bagus.
Untuk turun ke dalam goa ada beberapa jalur dengan ketinggian dan tingkat kesulitan yang beragam.







0 Response to "Goa Pindul dan Daftar Gua Di Gunung Kidul Yang Cantik Eksotis"

Posting Komentar

Hadiah buat 3 orang yang beruntung di sini bagi yang memberikan komentar menarik, positif dan juga berkualitas.