Objek Wisata Baru Gunung Gentong di Gunung Kidul

Gunung Gentong Gunung Kidul

Objek Wisata Baru Gunung Kidul - Sebagai salah satu kabupaten terluas di Daerah Istimewa Yogyakarta ini ternyata daerah ini kaya akan tempat menarik sehingga cerita tantang kekurangan air dan lain sebagainya terkubur dalam-dalam. Sehingga menjadi tak mengherankan jika kemudian media ramai memberitakan mengenai berbagai objek wisata terbaru dan menarik di kabupaten ini. Mulai dari pantainya yang indah dipandang hingga goa dan juga air terjun. Nah kali ini kami akan menginfokan satu lagi wisata baru di gunung kidul jogja yang tak kalah mempesonanya dengan tempat wisata lain yang sama-sama berada dalam satu propinsi DIY.
Wisata Gunung Kidul

Sebagai kawasan wisata yang sedang berkembang pesat, Gunungkidul seakan tak henti menghadirkan obyek wisata baru. Selain pantai, goa, serta segelintir air terjun, satu lagi obyek wisata gunung diperkenalkan. Gunung Genthong yang ada di Padukuhan Manggung, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari adalah salah satu destinasi menarik yang wajib diperhitungkan untuk didatangi oleh pengunjung. Karena selain dapat menikmati pemandangan namun daerah wisata ini juga menyuguhkan wisata pedesaan serta sejarahnya yang kental.

Objek Wisata Baru Gunung Gentong

Lokasi : klik sini
Salah satu aset pariwisata dari desa ngalang adalah ini dia gunung gentong salah satu wisata gunung kidul yang tersembunyi karena masih baru dan belum banyak diketahui.
Gentong adalah salah satu gunung yang berada tak kurang dari 400 meter di atas permukaan air laut. Objek wisata ini begitu eksotis nan alami didukung dengan view indah yang tersaji semisal sawah-sawah gunung-gunung serta pemandangan di saat awal kemunculan matahari dan juga waktu tenggelamnya. Didukung lagi oleh suasana malam yang menghamparkan langit dengan kerlap-kerlip cahaya bintang yang bertebaran dapat disaksikan dari atas sini. Udara sejuk yang ada di sini juga tak luput menjadi sesuatu yang bisa kita nikmati dengan nuansa ndeso yang menyenangkan ini.
Di kawan Gunung Gentong itu meliputi di sisi timur ada Gunung Bantal ( Pillow Mountain ) dan sebelah selatan ada tapak kuda sembrani. Yeng menurut mitosnya dulu adalah nama tunggangan dari Brawijaya. dan di sebelah barat ada Gunung Tunggak yang sekarang sudah didahulukan untuk wisata karena untuk aksesnya lebih mudah. Nah di gunung tunggak ada song tunteng dinamakan demikian karena ada goa namun tidak begitu dalam.

Maju ke sisi utara nya gunung tunggak ada gunung Tumpang, dinamakan demikian batu yang di atasnya lebih besar dan lebar dibanding dengan batu yang di bawahnya. Di sebelah batu itu ada batu belah disebut demikian karena batu tersebut terbelah secara alami dengan belahan yang rata menjadi empat. Di dekatnya lagi ada batu yang disebut omben gagak karena dipercaya penduduk sekitar sebagai tempat minum burung terutama gagak letaknya di atas gunung itu. Dengan kedalaman mencapai 2 meter lebih. Sedangkan untuk di bawah nya lagi ada song pringgoloyo. Penamaan tempat-tempat itu kata para sesepuh desa sangat erat kaitannya dengan rentetan kisah The History of Browijoyo V. 

Di sini anda akan disuguhkan dengan pesona puncak gunung yang brangin sejuk dengan pemandangan yang sangat fantastis, sehingga tak mengherankan jika kemudian meski belum secara resmi dibuka oleh pemerintah namun tempat wisata ini sudah ramai dikunjungi khususnya pada waktu weekend yaitu pada sabtu dan juga minggu.
Sedangkan panorama yang ditawarkan adalah sunrise dan juga sunset. Kamu juga bisa melihat awan dari atasnya. Sehingga top markoto deh buat foto-foto. Buat camping juga bagus banget bro di sini. Sambil memandang view yang bagus sekali.

Sejarah Gunung Gentong

Tempat plesir ini diberi julukan sebagai gunung gentong memang karena tepat berada di ujung atasnya ditemukan gentong atau kalau orang jawa bilang padhasan. Biasanya padasan ini digunakan masyarakat jawa dalam berwudhu. Namun bukan gentong yang berumur muda atau warga meletakkannya di situ namun katanya menurut dari sesepuh desa tersebut gentong itu sudah memiliki usia yang sudah sangat lama atau lebih dari 1 abad. Dan masih katanya lagi itu merupakan gentong era buatan kerajaan majapahit. Gunung ini sebenarnya awalnya bukan bernama gunung gentong melainkan bernama gunung temanten yang artinya pengantin. Setelah bubarnya keraton majapahit dahulu Bhre Kertabumi atau yang biasa disebut sebagai Brawijaya Pamungkas pergi menuju ke arah sini di gunung gentong ini. Namun kepergiannya ke sini Brawijaya juga ditemani oleh dua binatang peliharaannya yang berjenis burung perkutut berwarna putih dan juga seekor kuda. Dan mungkin berawal dari situlah mengapa ada gentong di situ.
Dalam hal wisata yang berbau budaya dalam waktu setiap satu tahun sekali diadakan arcara sadranan yang jatuh harus pada hari Selasa Kliwon. 

Karena berbagai kelebihan sebagai tempat wisata menarik yang ada di Gunungkidul maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menobatkan Gunung Gentong ini sebagai rintisan budaya. Sehingga seharusnya menjadi nilai tambah baik bagi warga sekitar atau bagi seluruh warga yang ada di propinsi dengan magnet yang dimiliki dapat membuat warga lokal maupun asing mengunjungi tempat ini.

Nah itulah tadi sahabat traveler yang baik hati sudah mau mampir ke sini info yang bisa saya sampaikan mengei gunung gentong ini sehingga bisa menambah khasanah pengetahuan mengenai objek wisata yang ada di Indonesia dan saya ucapkan selamat melancong.

0 Response to "Objek Wisata Baru Gunung Gentong di Gunung Kidul"

Posting Komentar

Hadiah buat 3 orang yang beruntung di sini bagi yang memberikan komentar menarik, positif dan juga berkualitas.