Harga Tiket Untuk Masuk Goa Tanding Objek Wisata Baru Gunungkidul


Goa Tanding Gunung Kidul
Goa Tanding

Harga Tiket Goa Tanding - Objek Wisata baru ini adalah salah satu destinasi liburan yang menyuguhkan kecantikan alam yang tergolong masih baru di gunungkidul tentunya goa yang satu ini dapat dikategorikan sebagai tempat piknik yang wajib didatengi. Layaknya seperti tetangganya yang sudah lebih dulu booming yaitu goa pindul. Goa Tanding ini berlokasi di Kabupaten gunung kidul yang sudah kondang dengan panorama pantainya.

Harga Tiket Goa Tanding

MENJELAJAHI OBJEK WISATA BARU GOA TANDING DENGAN CAVE BOATING

SEJARAH DITEMUKANNYA GOA TANDING
Awal mula mencuatnya ke permukaan diawali oleh usaha pendusuk sekitar yang kerap disapa Mbah Harto Tanding untuk melubangi dasaran sumur, akan tetapi bukan mata air yang kemudian diperolehnya malah justru suatu goa dibalik tanah atau DAS ( Daerah Aliran Sungai ) yang berada di bawah tanah. Dikarenakan nama penemunya bernama Harto Tanding lalu jadilah nama gua itu dilabeli dengan nama Goa Tanding yang diambil dari nama belakang Mbah Harto Tersebut. ' Pye le iseh penak jamanku tho ?' Mbah harto yang saya maksud bukan yang itu lho.

Jalan satu-satunya dahulu pasca penemuannya cuma bisa ditempuh melalui sumur milik simbah sang penemu tersebut yang kebetulan namanya memiliki kesamaan dengan presiden kedua RI tersebut. Panjang dari awal sampe akhir yang dimiliki goa ini memang terbilang lumayan jauh hampir setengah kilometer.

Karena menurut pertimbangan banyak pihak view yang dimiliki oleh goa ini pantas untuk dinikmati oleh wisatawan maka warga pun berinisiatif untuk melakukan pengembangan lebih lanjut agar bisa ditampilkan sebagai objek wisata baru di gunung kidul.
Di dekatnya tak jauh dari goa turut pula dibikin aneka fasilitas serta tanaman-tanaman yang asri. Jika anda pernah menikmati cave tubing di goa pindul, dibandingkan dengannya goa tanding mempunyai ukuran luas yang lebih. Tinggi atap gua pun sangat berbeda-beda ada uang kira-kira 4 m hingga 14 an m. Dinding-dindingnya pun terhiasi dengan adanya berbagai jenis stalagmit stalaktit dengan warna agak menyerupai emas yang menempel membentuk grafir natural elok dipandang.
Pengunjung yang menggunakan perahu berbahan karet tidak perlu cemas karena goa ini bahkan bisa dilewati 3 sekaligus meski harus beriringan muat dan sangat memudahkan pengunjung yang notabene sedang menikmati nuansa panorama dari dalam gua tersebut. Launching peresmian goa tanding sebagai tempat piknik ini sudah berlangsung sejak bulan juli 2016. Ternyata tak hanya soal pemandangan goa saja namun wisatawan bisa melihat view dan nuansa sekitar yang tentunya kealamiannya terjaga dengan baik di kiri dan kanannya.

Orang awam yang masih asing dengan goa tanding ini mungkin akan mengira bahwa adanya goa ini untuk menyaingi wisata pindul yang lebih dulu ngehits. Tapi setelah membaca dan mengetahui tentang sejarah penamaan itu tentu menjadikan kita lebih tahu bahwa penamaan itu hanyalah kebetulan nama sang penemu bernama belakang demikian. Justru keberadaan goa ini menjadi semakin banyaknya varian tempat wisata dalam satu desa berkolaborasi dengan goa pindul dan goa-goa lainnya sehingga masyarakat justru akan semakin diuntungkan salah satunya dengan penyerapan tenaga kerja oleh penduduk sekitar.

Di daerah sekitar tanding ini juga terdapat objek wisata yang bernama Dung Buntung yang merupakan kepanjangan dari Kedung Buntung. Namun selain itu masih ada lagi sumber mata air bernama ngancar yang tentunya memiliki banyak pesona untuk dikunjungi apalagi anda membawa camera dan berfoto di sana alhasil bisa menjadikan foto-foto anda bisa memancing decak kagum sahabat-sahabat andakarena pemandangannya.

FASILITAS YANG DISEDIAKAN PENGELOLA GOA TANDING 
Pengurus objek wisata goa ini memberikan fasilitas-fasilitas yang tentunya dapan dimanfaatkan oleh para pelancong yang diantaranya adalah :
  • Jaket Pelampung, 
  • Perahu berbahan karet yang bisa muat untuk sekitar 5 orang 
  • Sepatu berbahan karet Helm yang bakal melindungi kepala dari benturan 
  • Minuman serta makanan 
  • Asuransi Jiwa Ruang Ganti + Toilet 
  • Terapi menggunakan ikan 
  • Seorang instruktur ( pemandu ) yang bakal mendampingi anda melakukan adventure Area Parkir Menikmati objek wisata kedungbuntung 
  • Termasuk setelah selesai menikmati petualangan anda juga bersantai melepas lelah di gazebo yang telah disediakan oleh pihak pengelola di sini.

HARGA TIKET GOA TANDING

Rp150.000,- / Orang
Mungkin anda akan bertanya mengapa harga yang ditawarkan tidak sama dibandingkan dengan goa-goa yang lain yang ada di sekitarnya dalam hal tarif.
Saya akan menjawabnya, ketidaksamaan itu diakibatkan tawaran fasilitas peralatan yang berbeda yang dimiliki oleh goa tanding ini untuk menyusuri petualangan di sini. Jika goa lain cenderung memakai ban sedangkan goa tanding memakai kapal yang terbuat dari bahan rubber.  Hal ini memang beda karena yang ditawarkan merupakan perbaduan antara caving dengan boating sehingga maklum saja jika harganya pun tak sama.
Keselarasan diantara boating dengan caving memasuki remangnya air sungai di dalam perut semesta. Para pengunjung bakal menikmati petualangan mengarungi sungai yang berada dalam goa sepanjang lebih dari empat ratus meter ini dibantu dengan berbagai fasilitas yang sangat safety. Di daerah sini baru  Goa ini saja yang menyediakan cave rafting ini tentunya.

WAKTU BERKUNJUNG 
Usahakan kedatangan anda ke sini saat jam operasional buka dan jangan melebihi waktu kunjingan yang telah ditetapkan oleh pengelola yaitu buka pukul tujuh pagi hari dan tutup pada pukul lima sore sehingga upayakan untuk berkunjung di antara waktu tersebut.
Fasilitas lain yang juga akan mempengaruhi besaran harga adalah cara masuk ke dalam goa ini jika ditempuh dengan mulut goa yang vertikal dengan cara rappelling atau melalui mulut gua secara horizontal tentunya masuk melalui mulut gua vertikal lebih dituntut banyak biaya karena menggunakan alat pengaman khusus tambahan. Namun masuk dengan cara ekstrim ini memberikan anda tantangan yang memacu adrenalin sekaligus memberikan pengalaman yang tak smua orang berani melakukannya

LOKASI DAN JALAN MENUJU GOA TANDING

Bertempat tepatnya berada di dusun Gelaran II, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesi.
Kalau dari pusat kota Jogja kurang lebihnya berjarak 41,5 km. Dan dapat dicapai dalam waktu kira-kira 70 menit. Namun itu kalau menggunakan motor atau mobil sendiri bukan kendaraan umum maksudnya. Selanjutnya carilah arah ketandan, lampu merah ke timur terus menuju arah tulisan 'GUNUNGKIDUL' di kanan jalan atau stasiun radio GCD FM juga bisa kemudian masih ke timur terus sampai menemukan traffic light gading sebelum lapangan yang 'katanya' bakal jadi lapangan udara itu ambil yang kiri saja jangan kanan jangan lurus pokoknya kiri, jangan ngeyel, carilah arah menuju pindul. Kalau sudah sampai di pindul kamu ke timur lagi tidak jauh kamu bakal menemukan goa tanding ini.Buat kamu yang udah sering ke pindul tentu ga bakal nyasar kalau dateng ke sini karena jaraknya yang memang tak jauh.

Nah itulah tadi sobat deskripsi singkat yang bisa saya persembahkan kepada sobat traveler semua mengenai objek wisata baru goa tanding ini. Semoga sobat berkenan mengunjunginya.

1 Response to "Harga Tiket Untuk Masuk Goa Tanding Objek Wisata Baru Gunungkidul"

  1. Paket Wisata Bromo Tour TERPERCAYA!
    Paket Wisata Bromo Tour dengan harga murah untuk Anda yang ingin liburan menuju Gunung Bromo dengan jauh lebih mudah dan dengan pelayanan terbaik dari kami Andris Tour & Travel, dan berikut beberapa pilihan paket wisata Jawa Timur terpopular Tahun ini.
    wisata gunung bromo murah

    BalasHapus

Hadiah buat 3 orang yang beruntung di sini bagi yang memberikan komentar menarik, positif dan juga berkualitas.