Daftar Wisata Air Terjun Terindah di Gunung Kidul Yogyakarta

Kabupaten yang wilayahnya didominasi perbukitan ini terus menyajikan keindahan panoramanya. Tidak berhenti hanya sebatas pantai yang menakjubkan ataupun goa yang eksotis namun sekarang juga air terjun yang cantik.

Wisata Air Terjun Gunung Kidul Yogyakarta

Berikut ini saya akan memberikan berbagai daftar tempai wisata air terjun yang bisa kalian jadiin acuan buat nentuin liburan di tanggal merah buat kalian sehingga bisa jadi pilihan menarik. Bagi kalian yang sudah kerap mengunjungi pantai di Kabupaten bagian timur jogja ini tentunya ingin mencoba destinasi lain agar lengkap kunjungan anda.


Air Terjun Sri Gethuk

air terjun sri gethuk
Air Terjun ini menjadi salah satu andalah di desa Bleberan Yogyakarta sudah sejak 2007 tempat ini dikelola masyarakat sebagai destinasi wisata. Air terjun ini menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun luar daerah saat bertandang ke jogja. Air terjun ini bisa dibilang joss banget karena terus mengalirkan air tanpa mengenal musim. Untuk mencapai air terjun ini setelah mencapai sungai kamu bisa lewat jalur darat alias jalan kaki yang tentu efeknya capek namun menyehatkan sejauh 350 km  atau memilih jalur air yaitu naik rakit yang tentunya lebih ga capet dan juga lebih asik namun kekurangannya kamu ga dapet keringat guys dan lebih cepat. Tebing dan bebatuan menjadi suguhan mata. Nama sri gethuk diambil dari kata gethuk yang merupakan salah satu dari perangkat gamelan. Untuk masuk ke sini pengunjung diwajibkan membayar 5rb rupiah. Selain menjadi favorit wisatawan yang datang tempat ini juga membantu perekonomian warga.

Setelah menjadi desa wisata desa bleberan pendapatannya naik menjadi 60 kali lipat. Keberadaan air terjun ini juga menambah pekerjaan baru bagi desa bleberan karena penduduk bisa jualan di sini. Keberadaannya membantu warga setidaknya ada 83 warga yang terserap menjadi pengelola di sini sedangkan warungya ada 50 an. Homestaynya pun juga sudah ada paling tidak 30 an jumlahnya sudah ada. Paling tidak wisatawan yang datang ke sini per tahun 130.000 an orang.

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang
Tahu gak guys ternyata gunung api purba punya satu-satunya gunung api purba yang terbentuk dari pembekuan magma yang terjadi tak kurang dari puluhan juta yang lalu namanya gunung nglanggeran. Namun bukan hanya itu saja daya tarik yang ada di daerah ini namun juga di sini ada air terjun yang ketanya unik.

Pemandangan menuju kedung kandang membuat mata seger banget karena melihat hijaunya tanaman yang ada di sekitar sini karena sawah di sini melekuk-lekuk mengikuti perbukitan sehingga ga bosen dipandang mata. Jalannya juga cuma jalan setapak berupa tanah. Setelah hampir sampai di sana kamu akan melihat sungai di sana yang terbadapat batuan-batuan vulkanik dan memiliki karakter yang sama dengan batu yang ada di gunung api purba nglanggeran. Bentuk air terjun yang bertingkat-tingkat dan juga lokasinya yang berada di tengah sawah membuat nya semakin enak banget buat dikunjungi. Kalau kamu ke sini pada waktu siang dan kamu kepanasan kamu bisa nyebur dan bermain air di sana buat meredam sengatan sinar matahari.

Kamu naik aja di atasnya karena di setiap tingkatan ada kolam-kolam kecil yang menampung air yang mengalir dan membentuk kolam namun ini alami ya guys. Saking banyaknya kolam di sini kalian bisa nyobain dari yang kecil sampai yang besar. Kemudian cobalah naik lagi ke air terjun yang paling tinggi kalau pas ga deras karena di atas sini selain viewnya lebih memanjakan airnya juga lebih deras dengan kolam yang lebih besar.

Air Terjun Banyunibo

Air Terjun Banyunibo

Mendatangi tempat plesir air terjun ini wisatawn bakal disambut oleh sejuknya udara yang berhembus.. Suasana karakter alam lepas disertai sawah yang berjejer rapi serta bertingkat semakin membius penglihatan kita, sebelum pengunjung dapat menikmati eksotisme air terjun Banyunibo. Nama Banyunibo sebenarnya diambil dari 2 istilah kata literasi Jawa, yang pertama Banyu yang memiliki makna air yang kedua Nibo yaitu bermakna terjatuh ke bawah. Tempat ini belum lama dibuka sehingga maklum saja kalau belum ramai dan masih sepi namun cobalah tengok keindahan yang tersaji di dalamnya.
Meski lokasinya berada di desa yang jauh dari pusat kota tapi jangan salah akses menuju kemari relatif mudah untuk dicapai pengunjung.
Untuk kamu yang ingin berangkat dari jogja kota bisa klik sini kalau bingung. Kamu bisa melewati jalan menuju ke sini dengan tiga pilihan.  Dari kota jogja menuju piyungan lalu naik terus menanjak menuju ke bukit bintang yang juga merupakan tempat nongkrong di malam hari. Kemudian setelah itu kamu akan dihadapkan pada dua pilihan mau lewan utara atau selatan namun tenang aja karena kedua arah itu bisa digunakan untuk menuju ke air terjun ini
Kalau kamu memilih jalan yang mengarah ke utara kamu dapat melihat indahnya suasana alam yang disajikan oleh salah satu objek wisata terkenal lainnya yaitu gunung nglanggeran manakala menuju ke sini. Kamu Cuma perlu melewati jalan utama saja ke arah jln. Jogja – Wonosari. Kalau kamu udah ngelihat kerajinan yang berjejer, kerajinan itu adalah kerajinan batik kayu Bobung maka itu menandakan kalau kamu sudah hampir sampai di objek wisata ini.
Berbeda halnya kalau kamu mengambil jalan selatan kamu akan melewati jalur utama arah yogya-wonosari. Kamu dapat mencapai objek wisata air terjun banyunibo lewat gapura yang dibangun oleh PT Angkasa Pura I yang tepatnya berlokasi di desa Putat. Atau kamu juga bisa mengambil jalan ke arah Sambi Pitu untuk selanjutnya menuju lokasi arah Gunung Purba berada.
Air terjun yang bernama banyunibo ini tepat berposisi di daerah perbukitan yang memiliki ketinggian yang cukup tinggi. Sehingga jika kamu mau mencapai tempat ini saya sarankan mobil atau motor yang kamu gunakan sebagai tumpangan harus dalam kondisi prima karena kamu akan melewati tanjakan namun ga begitu tinggi sih menurutku namun kesehatan kendaraan biasakan untuk dicheck terlebih dahulu sebelum berangkat bepergian. Jalan aspalnya sudah halus namun itu tak berlangsung hingga ke lokasi karena kalau kamu sudah tiba di dusun batur kamu akan melewati jalur cor blok namun udah bagus kog cor bloknya dan itupun Cuma sejauh sekitar 500 meter saja. Pakai mobil pun juga tetep bisa masuk kog jadi kamu ga perlu jalan kaki menuju ke pintu utama masuk ke destinasi ini.
Tak cuma sawah milik petani saja yang bertingkat-tingkat, namun panorama sungai juga mempunyai konstruksi alami dengan lantai bebatuan yang bertingkat semakin membuat nuansa kian sejuk saja. Terdapat 3 jalan yang dapat ditempuh untuk mencapai lokasi air terjun ini, yang dapat dilewati wisatawan yang bertujuan menyaksikan indahnya air terjun Banyunibo ini. Ketinggian yang dimiliki oleh air terjun ini mencapai hingga ketinggian 30 meter lebih, air terjun ini sangat cocok jika dimasukan dalam daftar agenda liburan akhir pekan anda.
Belum banyak para pelancong yang menikmati air terjun ini karena mungkin publikasi masih minim karena terhitung baru. Jadi kevirginan serta kerindangan nuansa pedesaan lembah yang diapit oleh 2 bukit yang dipisahkan oleh sungai yang berasal dari air terjun Banyunibo ini pun masih jarang dikunjungi wisatawan yang melancong.
Namun justru demikan tak banyaknya wisatawan berkunjung ke sini, ketenangan begitu sungguh terasa kita rasakan waktu ada di objek wisata ini. Pada saat mencapai daerah ini, hembusan angin yang bertiup menciptakan harmoni pengusir rasa bosan yang selama ini kita bergulat dengan berbagai tugas serta target kerja atau banyaknya kesibukan lainnya. Bunyi udara yang berhembus pun menyentuh daun-daun kian berpadu beriringan bersama nada suara yang dihasilkan air terjun.
Kalau udah ada di  tempat air terjun ini wisatawan diharapkan berhati-hati soalnya di dalam air terjunnya ada banyak batu besar yang cukup licin sehingga perlu waspada dari kepeleset.
Masukan dari wisata gunung kidul tour buat kamu yang berencana berkunjung ke sini persiapkan bekal makananmu sendiri karena kamu bakal kesulitan menemukan penjual makanan sesampainya di sini bisa bawa makanan berat ataupun ringan yang penting tetap jangan buang sampah sembarangan karena mengurangi kecantikan alam ya guys.

Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang
Berlokasi di garis pemisah Klaten - Gunungkidul, ada sebuah air terjun yang bagus yang sering digadang-gadang oleh pewisata sebagai Grand Canyon mini. yaitu Luweng Sampang, air terjun yang berada di tengah gunung batu serta dihiasi lengkungan meliuk layaknya tempat plesir populer di Amerika sana.

Untuk sampai ke air terjun ini, anda harus agak berjuang, dikarenakan jalan yang rada sukar. akan tetapi segala perjuangan anda untuk sampai ke sini, pasti segera terbayar dengan kesegaran kolam yang berada di bawah Air Terjun Luweng Sampang. Karena kedalamannya tak terlalu, wisatawan dapat bersenang-senang dengan air yang ada di sini.

Tidak hanya berenang saja namun anda pun seolah diajak melompat dari atas batu yang berada tepat di pinggir air terjun. Anda juga bisa menenangkan diri di kolam alami ditemani air terjun yang ukurannya tidak terlalu besar. Tempat ini menyuguhkan suasana ketenangan, view dikiri kanan air terjun juga dapat dipandang sepuasnya.



Jika anda ingin melihat panorama pantai dan air terjun di Gunung Kidul maka anda bisa datang ke tempat ini. Memang sangat unik karena ini merupakan satu-satunya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dua objek wisata dalam satu tempat menjadi pilihan banyak orang untuk berekreasi. Cocok buat anda dan pasangan yang ingin mendapatkan momen terbaik dengan melihat gulungan ombak pantai dan gemericik air yang tumpah dari atas tebing bertemu menjadi satu.


Air Terjun Watu Layah

Air terjun ini tergolong masih sangat baru dan fresh dalam artian bukan karena penemuannya namun karena dibukanya sebagai objek wisata belum lama. Jika anda ingin mengunjunginya lokasinya terletak di Gubuk Rubuh, Getas Playen. ini adalah salah satu destinasi lokal di sini. Istimewanya di sini terdapat tidak kurang tujuh tingkat air terjun. Dan ada spot-spot berfoto dan juga bisa buat main air. Tempatnya juga bisa dibilang masih sangat perawan. Hal ini menambah keeksotisan objek wisata yang ada di kabupaten paling timur dari propinsi dari sebelah sisi paling baratnya. Pengunjung sudah ada namun masih sedikit mungkin karena kurangnya publikasi dan edukasi terhadap keberadaan air terjun ini. Selain itu akses jalan yang ada belum bisa dengan mudah dicapai ke sini. Namun jangan kuatir justru jalan yang sulit ini menjadikan air terjun ini masih sangat alami. Untuk sementara ini biaya yang harus anda keluarkan untuk datang ke tempat ini dipungut biaya seikhlasnya saja.


Air Terjun Gedad Banyusoco

Pengunjung di wisata ini masih berkutat berasal dari warga sekitar. Dan juga merupakan eksotisme yang ada di sisi barat Gunungkidul. Air terjun yang cukup indah ini belum dikelola dengan baik baik oleh pemerintah maupun karang taruna. Air terjun ini meskipun terlihat memiliki arus yang deras namun menurut penduduk sekitar tergolong aman oleh karena itu tak mengherankan bagi warga sekitar yang berkunjung ke sini tampak anak-anak kecil bermain air dengan riang gembira.


Banyu Mlorot

Tempat wisata ini sebenarnya sudah temukan sudah sejak lama oleh penduduk sekitar namun banyak yang belum mengetahuinya. Kesadaran warga yang ada di sini sangat luar biasa di mana warga memberikan gratis lahannya untuk dijadikan akses jalan yang salah satunya menuju ke objek wisata ini. Melihat pemandangan di sini air yang mengalir dari atas membuat hati jadi adem.



Nah teman-teman itu hanyalah sebagian kecil dari banyaknya air terjun yang ada di Kabupaten yang satu ini sehingga bisa membantu dalam kamu mendapat referensi wisata buat kamu.



0 Response to "Daftar Wisata Air Terjun Terindah di Gunung Kidul Yogyakarta"

Posting Komentar

Hadiah buat 3 orang yang beruntung di sini bagi yang memberikan komentar menarik, positif dan juga berkualitas.