Daftar Wisata Kuliner dan Oleh Oleh di Gunung Kidul Jogja




Wisata Kuliner dan Oleh Oleh- Untuk menyempurnakan sebuah perjalanan liburan tentunya menyantap hidangan kuliner menjadi sebuah penutup yang manis sembari membeli buah tangan atau oleh-oleh untuk dipersembahkan untuk keluarga atau teman di rumah memberi kesan lengkap bagi setiap orang.

Meski di gunung kidul ini memiliki tempat plesir dan juga wisata ekstrim yang beragam dengan jumlah yang banyak namun wisata kuliner di tempat ini juga tidak kalah banyaknya. Sehingga terlihat rumah makan-rumah makan di sini dipadati bus-bus pariwisata yang dipadati pengunjung. Di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan berbagai wisata kuliner yang dijamin kalian pasti suka tentunya masih berasal dari wonosari gunung kidul. 

DAFTAR WISATA KULINER MASAKAN DI GUNUNG KIDUL


Nasi Merah ( Sego Abang Wonosari )

Nasi Merah Sego abang Wonosari

Setelah puas berkunjung ke tempat wisata di Gunung Kidul tentunya anda tak mau ketinggalan menikmati sajian kuliner yang ada di Gunung Kidul. Yang terkenal dan menjadi ciri khasnya adalah nasi merah dan juga sayur lombok ijo. Mengunjungi Gunung Kidul memang tak afdhol rasanya jika tidak menikmati kuliner khas yang kerap dibilang makanan ndeso ini. Nasi merah sering dijadikan menu khas utama di Gunung Kidul karena kebanyakan daerah di sini mampu tumbuh subur ditanami beras merah.
Kalau kamu udah coba nasi merah dengan lauk sayur lombok ijo ini pasti ketagihan karena ranya gurih dan enak. Kalau biasanya nasi merah yang kita makan masih menyisakan rasa agak keras namun yang ini beda karena pulen dan enak karena memang sudah biasa memasaknya sehingga tau trik-triknya.

Sayur Lombok Ijo ( Sayur Cabe Hijau )

Sayur Lombok Ijo

Sementara itu keistimewaan yang ada pada sayur lombok ijo terletak pada rasanya yang gurih dan juga pedas jadi satu. Rasa tersebut muncul dari racikan santan, bumbu dan juga irisan cabe rawit yang membuat sayur lombok ijo menggugah selera penikmatnya. Namun bukan hanya itu saja kamu bisa menambahkan lauk lain yang bisa kamu coba misalnya dipadukan lagi dengan ayam goreng atau empal terutama empal tuna.

Kicikan Sapi

Kuliner Gunung kidul Kicikan Sapi
Apakah anda penyuka wisata kuliner ? ada baiknya anda tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mencicipi masakan ini. Ya, kicikan sapi, masakan original taste yang berasal dari gunung kidul yang tentu resep ini sudah dijaga sejak puluhan hingga ratusan tahun lalu oleh karenanya sudah menjadi salah satu ikon yang ‘gunungkidul banget’.

Kicikan sapi adalah masakan yang menggunakan daging sapi sebagai komposisi utamanya. Menggunakan bumbu khusus yang menjadikan masakan ini menjadi sangat lezat. Kekhasan rasa menjadikan banyak penikmat ketagihan untuk menyantapnya. Memiliki rasa yang enak apalagi harga masakan ini tergolong murah. Makanan khas Goa Pindul ini disajikan dan kudu dipadukan bersama sambal bawang kombinasi keduanya benar-benar membuat siapapun yang mencicipinya menjadi jatuh hati.

Terutama ketika hari raya semisal lebaran masakan yang satu ini menjadi incaran para penyuka kuliner.  Kerap sekali para pemudik membeli dalam partai besar dengan tujuan agar bisa disantap rame-rame bersama keluarga serta tetangga yang berada di rumah.
Walau dalam hal kepopuleran nya masih kalah dibandingkan dengan nasi merah atau sayur lombok ijo namun kekhasan rasanya yang nikmat sangat sayang buat dilewatkan.

SAMBAL BAWANG

Untuk menu kuliner yang satu ini benar-benar musti kalian coba buat santapan kalian jika memang kalian tergolong sambal lover karena memang bisa dibilang tak ada duanya. Bahkan ketika kita menginjakkan kaki di kota lain yang memang memiliki menu sambal bawang namun ternyata berbeda dengan sambal ndeso khas gunung kidul yang satu ini. Jika kalian tanya tentang apa masakan sambal yang paling sering dikonsumsi di daerah ini maka jawabannya adalah sambal ini. Dan saya bilang masyarakat di sini addicted banget sama masakan yang satu ini karena lauk apapun yang digunakan dalam kombinasi lauk akan menjadi sangat lezat.

PUSAT OLEH OLEH DI GUNUNG KIDUL

Ketika mengunjungi gunung kidul sebaiknya anda tahu apa-apa saja yang menjadi kekhasan dari kabupaten ini. Sehingga anda bisa membawakan buah tangan bagi orang-orang terkasih atau kerabat dan sahabat dari kota yang satu ini.

SAYUR LOMBOK IJO KALENGAN OLEH_OLEH IKON GUNUNG KIDUL

Jika tadi sudah membahas mengenai masakan khas salah satunya sayur cabe hijau maka sekarang saya akan menampilkan sayur cabe hijau tersebut dalam bentuk oleh-oleh.

Terkadang kita ingin ketika menyentap kuliner suatu daerah untuk membawakannya pulang untuk diberikan pada keluarga dan juga teman-teman namun terkadang tidak mungkin karena kita masih lama pulangnya dan mungkin jarak yang ditempuh jauh sedangkan masakan tidak bisa bertahan lama jika digunakan untuk oleh-oleh namun ketika di gunung kidul anda tidak akan melewatkan kesempatan untuk membawa masakan kuliner untuk buah tangan yang anda bawa. Loh kog bisa ? 

1. Tinggal Buka Kaleng Tanpa Perlu Memasak
Masakan yang diproduksi oleh Pusat Oleh-Oleh Niela Sary ini mampu bertahan satu tahun bahkan ketika memakannya pun anda tinggal menyajikan di piring dan tinggal menyantapnya tanpa perlu repot-repot lagi untuk memasaknya.

2. Tanpa Menggunakan Bahan Pengawet
Makanan ini dibuat tanpa sedikitpun tanpa menggunakan bahan pengawet sehingga lebih bagus untuk kesehatan siapapun yang mau menyantapnya.

3. Mampu Bertahan satu tahun
Meski tidak menggunakan bahan pengawet dalam pembuatannya namun masakan ini dapat disajikan dan mampu bertahan dua belas bulan selama kaleng belum dibuka. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya menggunakan teknologi yang canggih dalam proses produksinya.

4. Rasa Yang Gurih dan Pedas
Bagaimana sih rasa dari masakan kalengan iini ? Kalau kita melihat ikon masakan jogja sering dikaitkan dengan rasa manis maka sayur ini memiliki rasa yang berbeda hijaunya cabe memberikan rasa pedas dengan santan yang dominan menghasilkan rasa gurih dengan rasa sedikit manis. Secara keseluruhan masakan ini sungguh enak di lidah para penggemarnya. Tak mengherankan jika kemudian selama puluhan bahkan ratusan tauhn yang lalu dalam kebiasaan masyarakat sekitar selalu menghadirkan masakan ini untuk menjamu para tamu dalam kancah acara-acara besar seperti rasulan, idul fitri, dan juga hajatan.
Jika jogja memiliki bakpia sebagai ikon daerahnya maka di kabupaten ini memiliki olh oleh yang sudah legendaris berupa masakan yang telah dikalengkan.

Anda bisa mendapatkan makanan oleh-oleh ini di Pusat Oleh Oleh Niela Sary yang sudah terkenal di Kabupaten ini.


COKELAT GUN KID

oleh oleh gunung kidul cokelat gun kid
Cokelat ini berasal dari tanah dari salah satu desa di gunungkidul yang memiliki kualitas tanah terbaik dengan tingkat kesuburan yang sangat tinggi sehingga mampu menghasilkan biji buah kakao sebagai bahan dasar pembuatan cokelat yang sangat berkualitas. Tak mengherankan jika kemudian Sri Sultan sebagai Gubernur memberikan dukungangan penuh atas warga yang mengembangkan produksi cokelat gun kid ini.

Cokelat ini berbeda dengan cokelat yang biasa kita makan karena isinya pun berbeda, di dalamnya diisi dengan makanan khas yang lain sebagai isinya. Jika daerah jogja terkenal dengan oleh-oleh khas cokelat monggo maka jika anda pergi ke gunung kidul anda akan menemukan cokelat gunkid ini sebagai oleh oleh khas dari sini.





MINUMAN KHAS
Tak hanya kaya akan masakan khasnya namun gunung kidul juga kaya akan minuman khas yang tentunya selain sangat enak namun juga kaya akan minuman khasnya.




minuman khas gunung kidul
Wedang Cokelat
Selain memproduksi makanan kalengan Niela Sary sebagai pusat oleh oleh terkemuka juga memproduksi cokelat bubuk yang dapat disajikan sebagai minuman yang enak dikonsumsi dalam keadaan hangat sembari mengobrol dengan teman-teman. Minuman ini diproduksi dari lahan cokelat yang dimiliki oleh niela sary sendiri. Minuman ini berbentuk sachet sehingga selain masuk kategori sebagai minuman khas juga masuk ke dalam kategori oleh-oleh.





0 Response to "Daftar Wisata Kuliner dan Oleh Oleh di Gunung Kidul Jogja"

Posting Komentar

Hadiah buat 3 orang yang beruntung di sini bagi yang memberikan komentar menarik, positif dan juga berkualitas.