Mengenal Wisata Ekstrim di Gunung Kidul Jogja Secara Lengkap


Wisata Ekstrim di Gunung Kidul

Pesona Wisata Ekstrim di Gunung Kidul

Wisata Ekstrim di Gunung Kidul - Saat ini liburan bagi kebanyakan orang bukan lagi hanya sebagai  pemanis di kala senggang saja namun lebih kepada kebutuhan. Melepaskan diri dari berbagai pekerjaan yang melelahkan tentun sangat menyenangkan. Sehingga tak jarang beberapa orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkannya mulai dari liburan ke Asia atau bahkan Eropa. Meski sebenarnya sebagai negara kepulauan terbesar di dunia ini merupakan gudangnya tempat wisata alam. Banyak opsi dijatuhkan orang mulai dari bertema romantis, berpemandangan indah, mengunjungi situs sejarah hingga wisata ekstrim pun dipilih orang untuk mengusir penat. Jika ada anggapan bahwa jika kita memiliki uang kita bisa berwisata seperti apapun maka itu tidak berlaku bagi jenis wisata ini karena selain uang yang justru relatif murah namun anda harus memiliki modal lain untuk bisa menikmatinya yaitu cukup nyali.

Jenis-Jenis Wisata Ekstrim Di Gunung Kidul
Kabupaten dengan perbukitan karstnya yang indah berlevel geopark dunia ini menyimpaan banyak tempat wisata ekstrim yang bisa memanjakan peminatnya. Jenisnya pun terbilang sangat variatif.

1. Gondola Pantai Timang

Wisata Ekstrim Gunung Kidul Timang

Lokasi : Google maps
Menikmati pemandangan birunya air laut dari atas gondola yang ditautkan antar tebing.Gondola ini mengarah ke sebuah tabing yang berada di laut. Tebing sebrang yang menjadi tujuan adalah tebing di laut yang menyimpan banyak lobster tak mengherankan memang jika ada gondola di sini,

2. Cave Tubing

Wisata Ekstrim Gunung Kidul Cave Tubing

Merupakan gabungan antara susur gua atau caving dengan susur sungai. Sehingga masuk ke dalam gua biasanya menggunakan ban dan ini merupakan salah satu yang sedang ngehits di gunungkidul.Salah satu cave tubing yang sering mengalami pembeludakan jumlah pengunjung adalah cave tubing goa pindul.

3. Rapelling


Rappelling adalahkegiatan yang dilakukan untuk menuruni tebing atau air terjun di mana merupakan keterbalikan dari climbing. Salah satu contohnya di pantai jogan atau air terjun jurug gedhe.

4. Panjat Tebing / Climbing

Wisata Ekstrim Gunung Kidul Climbing

Kabupaten ini memang dikenal memiliki banyak pantai dengan tebing dan karang yang curam yang tinggi sehingga para pecinta penjat tebing sangat tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Pantai siung salah satu tempat favorit untuk melakukannya. Dari atas tebing yang tinggi anda akan bisa melihat panorama yang sungguh mempesona dari wajah pantai siung ini.

5. Free Diving
Untuk anda yang memang menyukai pemandangan bawah laut namun tidak puas hanya dengan bersnorkeling saja anda bisa mencoba wisata yang satu ini. Mencoba menyelami keanegaragaman dasar laut yang bakal memberikan pengalaman yang terlupakan. Salah satu yang sering digunakan kegiatan ini adalah pantai wediombo.

6. Surfing
Kegiatan yang terkenal digemari oleh para wisatawan Eropa dan Amerika ini pun mulai mewabah di beberapa pantai di Gunung Kidul. Berdiri di atas papan dengan menyisir gulungan ombak tentu bukan sesuatu yang mudah karena harus didukung dengan skill yang mumpuni pula.

7. Flyng Fox
Jika anda sudah pernah mencoba aktivitas yang satu ini tentu anda sudah tidak penasaran seperti apa rasanya. Tapi bagaimana sensasinya mencoba flying fox yang memiliki kategori terpanjang se-Asia Tenggara ? Nah Flying Fox Gedangsari di Kabupaten Gunung Kidul ini adalah Flying Fox yang didaulat menjadi Flying Fox terpanjang se-ASEAN. Tentunya mencoba dan menaklukkannya menjadi tantangan baru meski anda pernah mencoba yang lebih pendek dari ini namun dengan panjang yang luar biasa tentu sensasinya pun akan lain pula.

8. Caving
Merupakan aktivitas susur goa. Anda harus memasuka lorong goa yang gelap dan menantang. Namun uniknya goa yang biasanya berbentuk lorong horizontal namun di gunung kidul terdapat goa vertikal dan dapat disusuri. Kegiatan caving yang sudah terkenal di sini salah satunya adalah caving goa jomblang.

TIPS-TIPS DALAM MELAKUKAN WISATA EKSTRIM

Berbeda dengan wisata yang hanya menyajikan pemandangan atau sekedar makan makan maka di dalam plesir ekstrim ini ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan. Beberapa diantaranya adalah :

1. Kamu Tidak Memiliki Riwayat Asma, Jantung, Epilepsi atau Sejenisnya
Hal ini sangat penting untuk diinfokan baik kepada pemandu atau travel agent yang mengurus liburanmu tentang riwayat penyakit apa saja yang diderita terutama di travel agent kami ini sangat kami perhatikan karena misalnya caving goa vertikal tentu semakin masuk ke dalam tentu akan sangat tidak baik bagi penderita asma karena semakin masuk ke dalam maka akan semakin pengap meski keindahan yang disajikannya luar biasa. Begitu juga climbing atau panjat tebing bagi penderita jantung atau epilepsi tentu hal ini tidak disarankan. 

2. Tidak Sedang Dalam Diet
Why ? Kenapa ? Apa hubungannya dengan diet ? Mungkin akan ada banyak pertanyaan mengenai hal ini. Dalam banyak kegiatan wisata ekstrim kerap kali seperti misalnya climbing, caving dan juga rapelling tidak jarang cukup menguras tenaga sehingga dibutuhkan kalori yang lebih sehingga buat kamu yang sedang diet namun ingin mencicipi wisata jenis ini maka saya sarankan untuk beberapa hari sebelumnya membatalkan dulu dietnya dan mengkonsumsi makanan secukupnya sehingga nanti pas pelaksanaan liburan ekstrim ini kamu sudah siap dengan kondisi powerfull.

3. Jangan Panik Saat Pelaksanaannya
Kadang-kadang bagi mereka yang baru awal mencobanya mereka diliputi kepanikan yang justru akan mempersulitnya untuk mencapai titik akhir. Tentunya wisata yang satu ini tidak hanya dibutuhkan nyali besar namun juga ketenangan. 

4. Simpan Barang Berhargamu di Tempat Penitipan Atau Dalam Mobil
Hal ini juga tak kalah pentingnya, buat kamu yang membawa barang berharga sangat disarankan agar tidak membawa barang berharga mu karena misalnya saat kamu melewati sungai deras dengan cave tubing maka hampir bisa dipastikan jika kamu mengantongi hp atau kamera yang tercebuur ke sungai itu mencarinya akan sangat sulit. Demikian pula halnya jika sedang rappeling berada di ketinggian puluhan meter dan barang kamu terjatuh dari kantong celana maka hampir bisa diperkirakan akan rusak jika jatuh dari ketinggian yang luar biasa.

Nah itu tadi tips-tips dari wisata gunung kidul tour semoga bisa kamu perhatikan benar-benar agar semuanya berjalan seperti yang diharapkan.

Apa sih manfaatnya mengikuti wisata jenis ini ? Apa cuma buat sok-sokan biar dibilang bernyali atau apa ? Toh kalau cuma mau seneng-seneng ga harus dengan cara ekstrim begitu. 
Tentunya akan ada orang yang berpikir demikian di benak sebagian orang dan tentunya pertanyaan itu sah-sah saja. Namun ketika beberapa manfaat wisata ini memiliki beberapa manfaat yang bahkan mungkin tidak terdapat dalam wisata lain. Apa sajakah itu ?

1. Memberikan Pengalaman Yang Tidak Semua Orang Bisa Mendapatkannya
Tentu hal ini semua orang bakalan setuju. Melihat tempat wisata dari sudut yang benar-benar jarang terjamah sungguh membuat mata ini enggan untuk beranjak. Misalnya ketika kamu berada di ketinggian 50 meter tentu kamu bisa sangat leluasa melihat pemandangan dengan sangat bebasnya atau ketika kamu menyelami laut yang dalam kamu bisa bersentuhan dengan terumbu karang dan juga biota laut lain yang tidak didapati di pinggiran pantai dan masih banyak lagi eksotime yang tidak pasaran bisa didapat dengan berwisata ekstrim ini. 

2. Tempat Wisata Ekstrim Adalah Tempat Foto Selfie yang Amazing Sekaligus Tidak Pasaran.
Berfoto selalu menjadi ritual wajib bagi setiap traveler sehingga segala persiapan akan dilakukan dengan maksimal dengan berdandan secantik mungkin untuk mendapatkan foto terbaik di tempat yang bagus. Namun bagi mereka yang hobi wisata jenis ini tentunya backgroun foto yang mereka miliki akan sangat jarang dimiliki orang lain karena berfoto di atas pasir laut sudah banyak dilakukan namun berfoto di atas ketinggian puluhan meter dengan background daratan yang luas nan indah tentu akan jauh menghasilkan foto yang unik dan membuat iri banyak orang.

Nah itulah tadi sobat wisata-wisata ekstrim yang ada di gunung kidul yang bisa sobat coba jika memenuhi syarat dan juga nyali. Semoga wawasan sobat semua bertambah dan semakin mencintai wisata dalam negeri.

0 Response to "Mengenal Wisata Ekstrim di Gunung Kidul Jogja Secara Lengkap"

Posting Komentar

Hadiah buat 3 orang yang beruntung di sini bagi yang memberikan komentar menarik, positif dan juga berkualitas.